Sejarah

Sejarah

Sejarah

                                              SEJARAH STKIP GOTONG ROYONG MASOHI
                                                          
STKIP Gotong Royong Masohi didirikan pada tahun 2003 di Kabupaten Maluku Tengah dengan legalitas Pemerintah Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Mendiknas RI. No. 149/D/O/2003 tanggal 5 September 2003. Surat Keputusan Mediknas tersebut memuat izin operasional Jurusan Pendidikan MIPA dengan Program Studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika, serta Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada tahun 2003, disahkan pula Operasional Jurusan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi D II Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berdasarkan izin Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  No. 2958/D/T/2003 tanggal 10 Oktober 2003.

Jurusan Ilmu Pendidikan selama beroprasi telah empat kali mewisudakan Tenaga Ahli Muda Pendidikan untuk spesifikasi Guru Umum jenjang Sekolah dasar, dan telah dinyatakan passing aut secara nasional tahun 2006. Sementara Program Strata satu (S1) sampai saat ini telah beberapa kali mewisudakan lulusannya. Cikal bakal STKIP Gotong Royong Masohi adalah Universitas Gotong Royong Masohi (Unigoro) Masohi yang didirikan tahun 2002 yang mengoperasikan 6 Fakultas, yaitu  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Perikanan dan Fakultas Teknik. Dalam perjalanannya belum direstui Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa sehingga harus mengalami peleburan menjadi STKIP Gotong Royong Masohi dengan Jurusan dan Program Studi yang ada sekarang.

Pada tahun 2019, STKIP Gotong Royong Masohi menyelenggarakan program sarjana (S1) untuk 3 Program Studi (PS), yaitu PS Pendidikan Matematika, PS Pendidikan Biologi, dan PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil akreditasi PS terakhir adalah Akreditasi B untuk PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (tahun 2018), Akreditasi C untuk PS Pendidikan Matematika (tahun 2017), dan Akreditasi C untuk PS Pendidikan Biologi (tahun 2014). Saat ini usulan reakreditasi PS Pendidikan Biologi telah disampaikan kepada BAN-PT (dalam perubahan dokumen), sementara proses reakreditasi PS Pendidikan Matematika akan dilaksanakan tahun 2020.

Pendirian STKIP Gotong Royong Masohi secara resmi tanggal 5 September 2003 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 149/D/O/2003 merupakan hasil perjuangan dari para tokoh pendidikan dan sesepuh Kabupaten Maluku Tengah. Perjuangan untuk memiliki Perguruan Tinggi yang berkontribusi terhadap peningkatan sumber daya manusia di bidang pendidikan pada Daerah Seribu Pulau pasca konflik sosial Maluku tahun 1999 merupakan cikal bakal pendirian STKIP Gotong Royong Masohi. Oleh karena itu, Visi yang diemban oleh STKIP Gotong Royong Masohi harus tetap mencerminkan gagasan utama pendiriannya dan juga berkembang seiring dengan tuntutan kemajuan zaman. Visi STKIP Gotong Royong Masohi untuk periode 2018-2022 adalah menjadi pusat unggulan untuk mewujudkan kualitas sumberdaya manusia yang kompetitif, mandiri dan profesional sesuai karakteristik wilayah seiring dengan sistem pendidikan Nasional. Visi ini merupakan turunan dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) STKIP Gotong Royong Masohi 2003-2022.

Perwujudan aspirasi STKIP Gotong Royong Masohi sebagai PT unggulan di Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah saat ini, dan di wilayah Provinsi Maluku tahun 2022, beserta tantangannya berusaha disikapi secara bijaksana oleh STKIP Gotong Royong Masohi. Penegasan harapan dan aspirasi ini tertuang dalam misi STKIP Gotong Royong Masohi, yaitu: (1) Menyelenggarakan pendidikan berkualitas guna menghasilkan lulusan yang menguasai IPTEK, mandiri, mampu bersaing, serta berakhlak mulia, (2) Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengutamakan karakteristik wilayah, dan (3) Memperluas jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah dan swasta di dalam maupun di luar negeri.

Berdasarkan visi dan misi STKIP Gotong Royong Masohi, tujuan dan sasaran yang akan dicapai STKIP Gotong Royong Masohi harus memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan di Provinsi Maluku. Tujuan STKIP Gotong Royong Masohi, adalah: (1) Menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki keunggulan akademik, moral, dan kepemimpinan yang tinggi di dalam mengatasi persoalan kebutuhan tenaga pendidik, (2) Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan perkembangan IPTEK di bidang pendidikan, dan (3) Mewujudkan hubungan relasional dan kerjasama dengan berbagai institusi/lembaga, demi pengembangan STKIP Gotong Royong Masohi sebagai PT unggulan. Saat ini STKIP Gotong Royong Masohi memiliki peran positif dalam pembangunan Maluku khususnya dalam mengatasi masalah kekurangan tenaga pengajar di wilayah 3T (terluar, terdepan, tertinggal).

Strategi yang diterapkan untuk mencapai tujuan STKIP Gotong Royong Masohi adalah meningkatkan kompetensi lulusan melalui proses pembelajaran dengan desain pembelajaran berbasis konsep Heutagogi (pendidikan 4.0) atau pembelajaran berbasis penemuan sendiri. Mahasiswa didorong untuk memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum (terkait curriculum competencies), melakukan penelitian (terkait research competencies), dan menggunakan bahasa Inggris (terkait communication competencies). Aspek moral dan kepemimpinan juga merupakan bagian inklusif yang didorong selama proses pembelajaran. Sesuai dengan perkembangan regulasi terkait dengan pelaksanaan penelitian di Indonesia, dengan pertanggungjawaban berbasis luaran, dosen STKIP Gotong Royong masohi setiap tahun difasilitasi untuk melakukan penelitian serta mengoptimalkan produktivitas luaran penelitian.

STKIP Gotong Royong Masohi menyusun/merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran dengan melibatkan pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal. Pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses perumusan visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaiannya diantaranya perwakilan dosen, mahasiswa (BEM), alumni (Ketua Ikatan Alumni STKIP Gotong Royong Masohi), stakeholder, dan tenaga kependidikan/pengelola. Kegiatan ini ditujukan agar visi, misi, tujuan dan sasaran menjadi sangat jelas, sangat realistik serta sejalan dan terkait satu dengan yang lainnya. Visi, Misi, dan Tujuan STKIP Gotong Royong Masohi diatur dalam Bab II pasal 2, 3, dan 4 Statuta STKIP Gotong Royong Masohi.